Pages

 

Minggu, 05 Agustus 2012

Royal Jelly si “Susu Lebah”

0 komentar
Royal jelly yang juga disebut susu lebah merupakan produk yang dihasilkan kelenjar lebah madu dari rahang atas lebah pekerja muda, bentuknya seperti mentega berwarna putih susu, serta memiliki bau yang agak tajam dan rasa yang sangat pahit. Royal jelly digunakan untuk memberi makan ratu lebah. 

Seperti diketahui, dalam koloni lebah madu, lebah ratu memegang peranan yang penting untuk kelangsungan hidup koloni lebah. Lebah ratu bertanggung jawab untuk menghasilkan ribuan telur. Karena itu, lebah ratu membutuhkan makanan untuk mampu menjaga ketahanan tubuh dan kekebalan terhadap penyakit. 
 
Dengan “tugasnya” untuk bertelur, sepanjang hidupnya lebah ratu hanya mengonsumsi royal jelly. Karena itu, dibandingkan dengan lebah jantan dan lebah pekerja, lebah ratu memiliki anatomi tubuh yang lebih besar dan masa hidup yang lebih lama, yakni 40 kali lebih lama dari lebah pekerja dan lebah jantan.

Kemampuan reproduksi lebah ratu juga luar biasa. Dalam sehari, ia mampu memproduksi sekitar 2.000 telur, sedangkan lebah pekerja meskipun betina, sama sekali tidak memproduksi telur.



Apa saja kandungan royal jelly dan apa manfaatnya bagi manusia?





Kandungan Royal Jelly


Royal jelly mengandung 20 jenis asam amino. Cysteine adalah asam amino yang terdapat paling banyak dalam royal jelly, disusul dengan lysine dan arginine. Cysteine merupakan senyawa asam amino yang penting bagi proses metabolisme zat biokimia penting seperti koenzim A, heparin, dan biotin. Lysine memiliki peran penting dalam keseimbangan tingkat pH. Arginine merupakan asam amino kompleks yang sering ditemukan di bagian aktif dalam protein dan enzim. 

Selain itu, royal jelly juga mengandung acetylcholine, senyawa yang berperan penting dalam berbagai fungsi kerja organ tubuh seperti merangsang sekresi hormon adrenalin dan sebagai mediator kimia yang menghantarkan impuls saraf. 

Royal jelly juga mengandung vitamin B kompleks yang bermutu sangat baik terutama asam pantotenik yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka, gangrene/luka membusuk, herpes, radang mulut, borok kronis, dermatosis, masuk angin, bronkitis, hepatitis, dan lain sebagainya. Vitamin A, vitamin C, serta berbagai zat gizi penting lainnya juga termasuk dalam kandungan royal jelly. 

Dengan komposisi kandungannya yang sangat lengkap tidak mengherankan royal jelly memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia untuk menunjang kesehatan.

Mineral yang terdapat dalam royal jelly seperti kalsium, magnesium, zat besi, seng, natrium, iodine, fluorida, selenium, alumunium, barium, krom, dan tembaga dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan pergantian sel kulit baru, mempertahankan kekuatan tulang, serta meningkatkan fungsi metabolisme organ tubuh. 

Manfaat lain yang akan kita peroleh dengan mengonsumsi royal jelly antara lain stamina dan daya tahan tubuh yang meningkat, mengatasi kelelahan, menghilangkan stres, dan membantu mengatasi masalah pencernaan. 

Royal jelly juga akan membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, memperlambat proses penuaan, dan mengurangi kadar gula dalam darah. Masih banyak lagi manfaat yang dapat dirasakan jika kita mengonsumsi makanan utama lebah ratu ini. Karena itu, tidak perlu ragu untuk segera mengonsumsi royal jelly dalam bentuk makanan kesehatan/suplemen untuk memelihara kesehatan anda dan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar