Pages

 

Jumat, 03 Agustus 2012

Pelihara Kecantikan Kulit Anda dengan Vitamin

0 komentar
Vitamin merupakan zat gizi yang penting dan dibutuhkan manusia dalam jumlah yang mencukupi. Kekurangan atau pun kelebihan vitamin dapat berakibat buruk bagi tubuh.  
 
Setiap orang membutuhkan vitamin yang jumlah dan jenisnya berbeda-beda Vitamin tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, melainkan harus diperoleh dari makanan sehari-hari.
 

Secara umum, vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang dapat larut dalam air: vitamin B dan C, dan vitamin yang larut dalam lemak: vitamin A, D, E, dan K. Karena itu, untuk bahan makanan yang mengandung vitamin larut dalam air pengolahannya haruslah seksama, agar vitamin yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Artikel kali ini akan membahas beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.


Vitamin A
Sumber: Wortel, pepaya, sayuran hijau, telur, tomat dan minyak ikan.
Makanan yang mengandung vitamin A masuk ke dalam tubuh dalam bentuk pro vitamin A. Setelah masuk ke dalam tubuh provitamin A ini akan diubah menjadi vitamin A. Asupan vitamin A dalam tubuh mampu mencegah dan menyembuhan infeksi kulit. Bila kita mengonsumsi vitamin A dala jumlah yang cukup dapat membantu kelembaban kulit yang kering serta mencegah timbulnya jerawat. Untuk mencegah timbulnya gangguan-gangguan pada kulit seperti kulit kering, keriput, bersisik, juga jerawat. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi. 

Vitamin B
Sumber: Sereal yang terbuat dari gandum, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, daging, serta ragi.

Vitamin B juga memiliki fungsi merawat kecantikan kulit agar tetap terlihat bersih serta bercahaya. Memberikan tubuh asupan vitamin B yang cukup akan membuat kulit Anda awet muda dari usia semestinya. Tetapi, jika kekurangan vitamin B, kulit menjadi kering dan bersisik demikian pula bibir akan kering dan pecah-pecah. Mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin B tinggi adalah langkah yang tepat untuk membantu mengatasi keluhan-keluhan tersebut. Tapi, harus diingat pengolahannya agar vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya tidak larut dalam air.

Vitamin C
Sumber: Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, dan paprika hijau; juga tomat, lemon, jeruk, anggur, kiwi, serta stroberi.
Vitamin ini sangat penting bagi kulit karena fungsinya yang membantu produksi kolagen. Kolagen adalah zat perekat kulit yang membuatnya terlihat kenyal dan kencang juga mencegahnya dari kekeringan. Selain bermanfaat bagi kulit dan kecantikan, antioksidan ampuh dalam vitamin C melawan bakteri sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah radang gusi dan bau mulut, serta membantu menyembuhkan luka. 

Vitamin E
Sumber: Kacang-kacangan, alpukat, margarin, ikan salmon, dan minyak nabati.
Vitamin E berperan dalam membantu metabolisme setiap sel tubuh manusia. Vitamin E juga merupakan salah satu antioksidan penting yang berguna untuk memperkuat sel jaringan kulit. Dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin E kulit wajah terlindungi anda akan terlindung dari radang, kekusaman, selain itu kulit akan menjadi lebih kenyal. 

Dengan asupan vitamin yang cukup bukan kulit anda yang menjadi lebih baik tapi juga pada tubuh Anda secara keseluruhan. Vitamin akan membantu jaringan kulit membuang sel kulit mati dan melancarkan regenerasi kulit baru yang sehat.

Pada dasarnya, manusia tidak memerlukan kosmetik untuk membuat dirinya terlihat lebih cantik atau menarik. Jika kita rajin merawat kesehatan kulit serta mengonsumi bahan makanan alami yang menyehatkan, kecantikan kulit anda akan terpancar secara alami. Karena kulit yang sehat mencerminkan kondisi tubuh yang sehat pula.

0 komentar:

Posting Komentar